Ayo Berbagi Cerita

Disini silakan kamu berbagi cerita dan cita-cita..karena dengan bercerita cita-citamu akan diketahui banyak orang: bersilaturohim!

silaturohim memperluas rizqi kan..nah, mudah-mudahan dengan orang-orang tahu cita-cita kita, mereka menjadi perantara Alloh untuk membantu mewujudkannya.....^_^v

Biar Rebah Jangan Pernah Berubah..

Biar Terbuang Jangan Pernah Berhenti Berjuang!!

Kamis, 29 Maret 2012

Understanding

Yap Assalamu'alaikum Ii Holillah disini..

Yes, this is about understanding..ini adalah pengalaman sewaktu saya menjadi notulen sewaktu sidang komprehensif para calon Sarjana Ekonomi Islam STEI SEBI hari ini. Sidang  ini diuji oleh Ahmad Bisyri, MA, Adril Hakim, ST, MM, dan Nining Nurhasanah, SEI, MM.
Kali ini saya akan kutipkan nasihat-nasihat mereka kepada para mahasiswa sidang menjelang pengumuman kelulusan.

Kami menguji tidak hanya mengenai apa yang kalian hafal, karena hafalan akan hilang kalau kalian tidak me-review lagi. Kami menguji apa yang kalian mengerti/pahami (understanding). Jika kalian pintar, nilai bagus, atau bahkan sering menjuarai perlombaan tetapi tidak bisa menjelaskan apa yang kalian ketahui itu artinya kalian tidak pernah mempraktekkan hal tersebut. Makanya, agak sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan kami. Kalian hanya sekedar tahu dan baca.

Generasi Rabbani dalam Al-Qur'an itu disebutkan bahwa mereka adalah yang mengajarkan Alkitab (Al-Qur'an) dan terus mempelajarinya. Itulah cara termudah yang Allah berikan agar kita mudah untuk memahami sesuatu. Mempraktekkan itu memang sulit, namun dengan mengajarkan ilmu kita akan mudah untuk mempraktekkan .

Kalau selama ini kalian hanya ingin mendapat gelar akademis saja, hilangkan hal itu dari kepala kalian. Hal yang penting adalah sejauhmana kalian menyebarkan ilmu dan bermanfaat bagi orang lain.

Salam perjuangan untuk para guru, dosen, siswa, mahasiswa, murabbi, mutarabbi, dan seluruh pembelajar yang tak kenal henti :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini